Unsur Intrinsik Novel Harry Potter dan Orde Phoenix

                                           Unsur Intrinsik Novel
Harry Potter dan Orde Phoenix
1.      Tema               : Keberanian,kesabaran,dan keteguhan hati.
2.      Penokohan      :
a.       Tokoh Protagonis  :
·         Harry Potter
Harry Potter adalah tokoh utama dalam cerita ini, mempunyai badan proporsional dan memakai kacamata, ciri khas dari Harry Potter adalah adanya luka berbentuk sambaran petir di dahinya. Harry memiliki warna kulit yang putih, berambut hitam kecoklatan. Tokoh ini mempunyai cara berbusana yang kalem dan berusaha baju itu nyaman sewaktu digunakan. Cara berbicara sang tokoh sama seperti remaja yang lain karena masih mengutamakan egoisnya sendiri. Si tokoh mempunyai sifat yang berani, patuh pada aturan, kadang pemarah.
·         Ronald Weasley
Tokoh ini biasa dipanggil Ron oleh kawan – kawannya, berumur 15 tahun. Ron adalah salah satu teman baik Harry. Ciri – ciri tokoh ini adalah rambut lurus pendek berwarna merah, rambut belah samping, hidung mancung, mempunyai tinggi yang sudah sedikit melebihi Harry. Cara berbusana si tokoh sangat sederhana. Tokoh ini dalam berbicara tidak berani mengemukakan pendapat, takut berbicara pada orang lain, pemalu, penakut, tidak percaya diri, ceroboh, mental yang gampang drop. Pada seri ke-5 ini dia terlihat lebih berani dari seri-seri yang sebelumnya.
·         Hermone Granger
Hermione adalah teman Harry perempuan yang berumur sama dengan Harry, yaitu 15 tahun. Tokoh wanita ini memiliki ciri – ciri rambut ikal yang panjang dan pirang kecoklatan, hidung mancung, berkulit putih. Tokoh ini memiliki cara berbusana seperti kaum awam tidak seperti murid sihir Hogwarts lainnya. Orang tua tokoh ini adalah muggle. Draco Malfoy dan teman-temannya selau menyebutnya Darah-Lumpur, karena status orang tuanya tersebut. Cara berbicara sitokoh santun, berdasarkan pemikiran panjang, seperti ilmuwan. Sifat tokoh ini adalah pengertian, rajin, taat, tidak mau mencari masalah, terkadang sangat keras kepala jika bertengkar pendapat.
·         Profesor Dumbledore
Profesor Dumbledore adalah kepala sekolah Hogwarts,tempat Harry bersekolah untuk tahun kelimanya tahun ini. Ciri-ciri tokoh ini memiliki rambut dan jenggot yang panjangnya sampai ke sabuk,berhidung bengkok,dan selalu memakai kacamata berbentuk bulan separo. Tokoh ini memiliki cara berbusana layaknya seperti penyihir-penyihir lainnya,yaitu memakai jubah panjang. Ia gemar memakai jubah dengan motif bulan dan bintang dan berwarna biru. Matanya sendiri berwarna biru cemerlang. Dalam berbicara,Profesor Dumbledor santun,bijaksana,dan hanya berbicara hal yang penting. Tokoh ini bersifat tegas,bijaksana,dan teguh pada pendiriannya.
·         Hagrid
Hagrid adalah penyihir setengah raksasa. Tokoh ini memiliki tinggi badan satu setengah kali lebih tinggi dari manusia normal,dan lebar badannya dua kali lebih besar dari manusia normal. Matanya seperti mata kumbang,dan rambut hitam keritingnya panjang sampai ke bahunya. Cara berbusana si tokoh sedikit aneh. Ia selalu memakai jaket kulit yang terbuat dari kulit musang yang penuh dengan tambalan. Tokoh ini sedikit ceroboh dalam hal berbicara. Tokoh ini bersifat keras kepala,ceroboh,dan sangat setia pada Profesor Dumbledore.
·         Neville Longbotom
Tokoh ini kerap disapa Neville oleh teman-temannya. Neville memiliki tinggi badan yang lebih tinggi dari Harry dan Ron pada tahun kelima ini. kulitnya putih,wajahnya bulat,hidungnya mancung,dan rambut hitam kecoklatannya berbelah samping. Cara berbusana si tokoh sangatlah sederhana. Daya ingat tokoh ini sangatlah parah. Ia juga sangatlah ceroboh. Dalam berbicara,Neville sangatlah pemalu. Terlebih lagi ketika ia mengutarakan pendapat.
b.      Tokoh Antagonis
·         Lord Voldemort
Tokoh ini adalah musuh dari Harry Potter sendiri. Ia berkulit pucat dan matanya berwarna merah menyala. Pupil matanya seperti mata ular,memiliki celah di tengahnya. Hidungnya rata,hanya terdapat dua ubang di sana. Kepala tokoh ini botak,dan tubuhnya tinggi kurus. Cara berbusana Voldemort begitu sederhana. Ia hanya memakai jubah panjang berwarna hitam. Cara berbicara,Voldemort seringkali menghina pengikut-pengikutnya,yaitu pelahap maut. Tak mempunyai rasa kasih sayang,dan tidak mempunyai rasa kasihan terhadap siapapun. Tak segan,ia sering membunuh pengikutnya sendiri. Disisi lain,ia sangatlah cerdas dalam merencanakan sesuatu.
·         Bellatrix Lastrange
Ia adalah salah satu abd setia dari Lord Voldemort. Berambut keriting panjang,dan bertubuh kurus karena empat belas tahun terkurung di penjara Azkaban. Matanya cekung,dan cara berpakaiannya menakutkan. Ia hanya memakai jubah panjang berwarna hitam,hampir sama dengan Loed Voldemort. Suaranya melengking,dan ia gampang dibuat marah jika menyinggung tentang Tuannya,Lord Voldemort.
c.       Tokoh Tritagonis
·         Profesor McGonagall
Tokoh ini adalah salah satu guru Harry di Hogwarts. Ia bahkan kepala asrama Harry. Ia selalu memakai kacamata berbentu k persegi,dan rambut hitamnya selalu digelung ketat. Dalam hal berbicara,ia sangatlah bijak. Selalu menjadi pengengah masalah.
3.      Latar
a.       Latar Tempat         :  
o   Hogwarts                                     
Hogwarts adalah sekolah sihir dimana Harry bersekolah untuk tahun kelimanya tahun ini. di sinilah satu-satunya tempat Harry mendapatkan teman dan sahabat yang begitu baik padanya.
Bukti kalimat   : Tetap Harry bersyukur atas apapun yang mungkin mencerahkan kegelapan yang dihadapinya sekarang; dia belum pernah mengalami minggu semester pertama yang lebih buruk di Hogwarts.
o   Gedung Kementerian
Bukti kalimat  : Selamat datang di Kementerian Sihir. Mohon sebutkan nama dan urusan anda
o   Grimmauld Place Nomor 12
Bukti kalimat  : Ron dan Hermione duduk d seberangnya, terlihat lebih gembira daripada sebelumnya sejak dia pertama tiba di Grimmauld Place,dan perasaaan lega Harry,yang telah agak terusik oleh pertemuannya dengan Lucius Malfoy,membengkak lagi.
b.      Latar Waktu          :
o   Siang
Bukti kalimat  : Ketika akhirnya bel berdering,Harry yang pertama keluar dari ruang bawah tanah dan sudah mulai makan siang ketika Ron dan Hermione bergabung dengannya di Aula besar.
o   Malam
Bukti kalimat  : Not-not pembukaan dari musik yang mengawali warta berita pukul tujuh malam mencapai telinga Harry dan perutnya serasa terbalik.
c.       Latar Suasana        :
o   Menegangkan
Bukti kalimat   : Voldemort mengirimkan kutukan pembunuh lain kepada Dumbledore tetapi meleset,alih-alih malah mengenai meja penjaga keamanan,yang meledak terbakar.
o   Menyedihkan
Bukti kalimat   : ‘DIA – BELUM -- MATI!’ raung Harry ‘SIRIUS!’
o   Menakutkan
Bukti kalimat   : Harry masih berdiri diam,menolehkan matanya yang tidak dapat melihat ke kiri dan ke kanan. Rasa dingin itu begitu hebat sehingga dia gemetaran; bulu romanya berdiri -- dia membuka matanya lebar-lebar, menatap kosong ke sekitar, tanpa melihat apa-apa.
o   Menyenangkan
Bukti kalimat   : segalanya tampak lima kali lebih lucu daripada biasanya. Hal-hal mulai masuk; dia dibebaskan,dia akan kembali ke Hogwarts.
4.      Alur
Alur maju.
Tahap alur:
-   Penyituasian
Harry adalah seorang anak laki-laki kurus,berambut hitam,dan berkacamata yang memiliki tampilan wajah kurus,agak kurang sehat seperti seseorang yang telah tumbuh begitu banyak dalam waktu singkat.
-   Pemunculan Konflik
Harry dan sepupunya diserang oleh makhluk mengerikan penjaga penjara Azkaban,yaitu Dementor,pada saat mereka berdua sedang berjalan di gang antara Magnolia Crescent dan Wisteria Walk. Dan dengan terpaksa,Harry melanggar peraturan sekolah dengan menggunakan sihir dibawah umur,dan menggunakan sihir di hadapan muggle (bukan penyihir)
-   Peningkatan Konflik
Harry disidang di Kementerian Sihir atas tuduhan penggunaan sihir dibawah umur dan penggunaan sihir di hadapan muggle (bukan penyihir). Ditambah lagi,Harry diancam dikeluarkan dari sekolahnya,yaitu Hogwarts.
Harry dianggap gila oleh hampir seluruh pembaca koran “Daily Prophet” yang diterbitkan oleh kementerian Sihir.
Selain dijauhi oleh teman-temannya,Lord Voldemort mulai merasuki pikirannya,dan membuat kepala Harry serasa pecah setiap saat dikarenakan bekas lukanya berdenyut dan terasa sangat panas ketika Voldemort merasuki pikirannya.
-   Klimaks
Pikiran Harry semakin kacau,dan ia mendapat penglihatan bahwa Sirius,ayah baptisnya ditangkap oleh Voldemort,dan disiksa di Kementerian Sihir,di mana tempat ramalan Harry disembunyikan.
Harry pergi ke Kementerian bersama Luna,Hermione,Ron,Neville, dan Ginny berniat untuk menyelamatkan ayah baptisnya.
Sampai di Kementerian,ternyata tidak ada ayah baptis Harry. Akhirnya Harry mengambil ramalan yang limabelas tahun lalu dibuat untuknya.
Setelah ramalan diambil,para pengikut Voldemort datang,berusaha merebut ramalan Harry. Akhirnya Harry dan teman-temannya bertarung dengan anak buah Voldemort.
Setelah beberapa waktu bertarung,Sirius datang dan akhirnya terbunuh oleh Bellatrix,adik sepupu Sirius sendiri. Harry sangat marah. Ia mengejar Bellatrix dan bertemu dengan Voldemort.
Pada saat Voldemort telah meluncurkan kutukan pembunuh,Dumbledore datang menghalangi Harry,dan akhirnya pertarungan antara Voldemort dan Dumbledore dimulai. Setelah Voldemort hampir kalah,ia merasuki Harry dan membuat Harry harus berperang mental melawannya.
-   Penyelesaian
Pada akhirnya Voldemort kalah,dan ia keluar dari tubuh Harry,membuat Harry pingsan.
Saat perdana menteri datang,dan melihat secara langsung bahwa Lord Voldemort telah bangkit setelah menghilang selama tigabelas tahun,maka perdana menteri mempercaya dan membuat berita tentang kembalinya Lord Voldemort dan kebenaran Harry selama satu tahun di “Daily Prophet”. Dan sekarang Harry mendapat julukan baru setelah “Anak Yang Bertahan Hidup”,yaitu “Sang Terpilih” karena menurut ramalan,hanya
Previous
Next Post »
Thanks for your comment